Pernikahan – Pernikahan Yang Dilarang Dalam Islam


Dari sekian banyak jenis ibadah yang bisa dilakukan, ternyata ada satu jenis ibadah yang dianggap mulia karena ibadah ini dilakukan untuk seumur hidup bukan hanya dalam waktu tertentu saja. Ibadah yang disukai tersebut tersebut ialah ibadah pernikahan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Menikah memang merupakan salah satu ibadah sunnah yang disukai oleh Allah SWT, namun meski begitu ternyata tidak semua pernikahan disukai dan diridhoi. Ternyata ada beberapa pernikahan yang dilarang untuk dilakukan dalam agama karena dianggap menyalahi aturan yang ada.

Kira pernikahan – pernikahan apa saja yang dilarang untuk dilakukan oleh Allah SWT dan RasulNya. Perhatikanlah jenis – jenis pernikahan  berikut jangan sampai anda terjebak dalam situasi seperti ini.

1. Nikah Syighar

Nikah syighar adalah keadaan dimana ketika ada seorang laki – laki yang mengatakan kepada laki – laki lain untuk menikahkan ia dengan putrinya maka ia juga akan menikahkan putrinya dengan laki – laki tersebut. Kesalahan dalam pernikahan ini yaitu orang yang menikahkan bisa memberikan mas kawin untuk kedua belah pihak dan itu tidak dibenarkan.

2. Nikah Mut’ah

Nikah Mut’ah dilarang dalam ajaran Islam karena nikah Mut’ah merugikan untuk pihak perempuan. Pada zaman dulu nikah Mut’ah ini memang diperbolehkan tetapi setelah itu Allah memerintahkan untuk menghapus pernikahan tersebut dengan memerintahkan langsung kepada Rasulullah.

Nikah Mut’ah ini nikah yang dilakukan seorang laki – laki yang berkunjung ke suatu daerah dan ia pun mencari istri untuk menemaninya selama ia berada di daerah tersebut setelah urusannya selesai maka ia akan ditinggalkan.

3. Menikah dengan perempuan yang dalam masa Iddah

Seorang istri yang masih dalam masa iddah setelah berpisah dengan suaminya baik dengan bercerai ataupun ditinggal mati maka tidak diperbolehkan untuk menikah sampai masa Iddahnya selesai. Jika ia teta[ melaksanakan pernikahan tersebut maka pernikahannya dianggap tidak sah.

4. Menikah beda agama

Dalam Islam hukum menikah beda agama sangat dilarang karena itu bertentangan dengan akidah seseorang. Bagaimana bisa seseorang dipersatukan dalam ikatan pernikahan jika memiliki keyakinan yang berbeda, tentunya dari awal saja pernikahan ini sudah tidak memenuhi syarat.

Barangsiapa yang melakukan pernikahan beda agama maka selama mereka bersama mereka akan selalu dianggap melakukan zinah.

5. Nikah setelah keluar kata Talak Tiga

Jika seorang istri telah ditalak tiga oleh suaminya maka haram bagi suaminya untuk bisa kembali bersama istrinya sebelum istrinya sudah pernah menikah lagi dengan laki – laki lain maka pernikahan antara istri dan mantan suaminya itu tidak diperbolehkan.

6. Nikah Tahlil

Pernikahan ini merupakan pernikahan yang dilakukan saat ada sepasang suami istri yang sudah cerai dengan kondisi talak 3 tetapi kemudian ingin kemabli rujuk. Akhirnya mereka pun menikahkan perempuan tersebut dengan laki – laki lain dan kemudian menceraikannya semata – mata hanya agar pasangan tersebut bisa menikah kembali.

Pernikahan seperti ini diharamkan untuk dilakukan karena sejak awalnya memiliki niatan yang buruk, padahal pernikahan merupakan ibadah yang sacral dan tidak bisa disepelekan seperti itu.

7. Pernikahan atas pinangan orang lain

Pernikahan yang juga tidak diperbolehkan yaitu pernikahan yang dilakukan atas pinangan orang lain. Jika seorang perempuan telah menerima pinangan dari seorang laki – laki maka wanita tersebut tidak boleh menerima pinangan dari laki – laki lain sebelum adanya pembatalan yang jelas.


Belum ada Komentar untuk " Pernikahan – Pernikahan Yang Dilarang Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel