8 Tips Membuat Catatan Keuangan agar Lebih Mudah dan Praktis

Sebagian besar orang berpikir jika transaksi keuangan hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar saja. Namun tahukah seberapa penting catatan keuangan, terutama bagi Anda yang baru saja memulai bisnis kecil? Kebanyakan orang merasa kesulitan mengembangkan bisnisnya karena hal tersebut.

1.      Mulai Catat dari Sekarang

Tak masalah apabila Anda belum mencatat transaksi sebelumnya, mulailah sejak hari ini. Meskipun catatan keuangan Anda tidak dipertanggungjawabkan kepada orang lain, namun Anda perlu memegang prinsip jika hidup Anda layaknya sebuah perusahaan besar di mana jika tidak ada laporan keuangan maka sama saja tidak ada transaksi yang terjadi.

2.      Gunakan Gawai yang Anda Miliki

Guna memudahkan Anda selama mencatat laporan keuangan, gunakan gawai. Baik itu  tablet, smartphone atau lainnya yang selalu Anda bawa ke mana-mana. Saat mencatatnya Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan seperti catatan atau note yang tersedia pada gawai yang Anda miliki.

3.      Perhatikan Format Pencatatan

Format laporan keuangan yang paling sederhana terdiri dari tanggal, keterangan, kredit, debit dan saldo akhir. Jangan pernah sepelekan tanggal transaksi. Sebab salah mengisi tanggal akan membuat Anda tersesat di kemudian hari. Kolom keterangan bisa Anda isi dengan jenis transaksi atau di mana Anda mendapatkan atau mengeluarkan transaksi tersebut.

Kolom kredit untuk mengisi transaksi yang keluar dan kolom debit untuk mengisi transaksi yang masuk. Sedangkan saldo akhir sendiri merupakan sisa uang yang Anda miliki saat ini. Jadi selalu perhatikan format pencatatan dan isi dengan benar.

4.      Gunakan Buku Kas

Bagi Anda yang lebih suka mencatat di kertas, belilah buku kas yang biasanya dijual di toko buku. Pada buku tersebut sudah berisi kolom seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya. Catat pada gawai Anda dan segera salin pada buku setiap harinya atau seminggu sekali ketika Anda memiliki waktu luang.

5.      Bedakan Jenis Dana

Apabila Anda memiliki sumber dana yang berbeda, pastikan untuk membuat catatannya masing-masing. Contohnya dana untuk kebutuhan sehari-hari atau dana untuk keuangan usaha dan berbagai jenis keuangan lainnya. Selalu konsisten untuk membedakan catatan masing-masing transaksi tersebut. Jika dicampur makan Anda akan kesulitan saat mengaturnya.

6.      Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Pastikan untuk selalu melakukan evaluasi keuangan bisnis secara sederhana setiap hari atau seminggu sekali. Evaluasi ini bertujuan guna mencegah adanya transaksi yang belum tercatat pada buku keuangan. Jika lupa mencatat lebih dari 2 hari maka dapat dipastikan Anda akan merasa kesulitan untuk mengingat transaksi yang sudah dilakukan.

7.      Rencanakan Keuangan Bulan Berikutnya

Jika sudah mengetahui dan paham tentang keuangan bisnis Anda salam 1 bulan terakhir, maka ada baiknya membuat perencanaan keuangan untuk bulan berikutnya. Perencanaan keuangan tersebut tidak harus rinci dan rumit. Anda hanya perlu mengetahui mana keuangan yang sifatnya perlu dan konsumtif yang harus dikurangi. 

8.      Tentukan Target

Jika sudah membuat perencanaan keuangan untuk bulan depan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan tentang hal apa yang cocok untuk bisnis Anda sekarang.

Apakah ingin membuka cabang baru, membuat produk baru, atau membuka jenis usaha lainnya apabila keuangannya memungkinkan. Mengapa demikian? Sebab perencanaan yang matang akan membuat bisnis Anda menjadi lebih berkembang. Sedangkan perilaku yang konsumtif akan membuat bisnis Anda sebaliknya.

Itu dia beberapa tips membuat catatan keuangan untuk bisnis kecil Anda. Namun jika bisnis Anda memiliki transaksi yang cukup banyak setiap harinya, ada baiknya menggunakan aplikasi Bukuwarung agar lebih mudah. Bukuwarung dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap dan dapat digunakan kapan saja, di mana saja.

Belum ada Komentar untuk " 8 Tips Membuat Catatan Keuangan agar Lebih Mudah dan Praktis "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel